Universitas Bhamada Slawi Menjadi Tempat Pelaksanaan Pemodelan Program Gizi Berbasis Sekolah di SD/MI di Wilayah Kabupaten Tegal

Universitas Bhamada Slawi Menjadi Tempat Pelaksanaan Pemodelan Program Gizi Berbasis Sekolah di SD/MI di Wilayah Kabupaten Tegal

Slawi 31 Januari 2023- Anak sekolah dasar merupakan konsumen makanan yang telah aktif dan mandiri dalam menentukan makanan yang dikendakinya. Kecepatan pertumbuhan anak sekolah dasar jika tidak dibarengi dengan zat gizi yang seimbang dikhawatirkan kesempatan tumbuh yang pesat tersebut terganggu. Dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas zat gizi diharapkan makanan yang dikonsumsi anak-anak dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Mengingat situasi yang mendesak untuk mengatasi masalah gizi pada anak usia sekolah dasar, UNICEF bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan melaksanakan pemodelan program gizi berbasis sekolah di SD/MI di wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pelaksanaan kegiatan di atas akan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal, dengan dukunganUNICEF dan SPEAK Indonesia sebagai mitra pelaksana.Pemodelan nantinya terdiri dari tiga komponen kegiatan, yaitu pendidikan gizi, komunikasi perubahan perilaku, dan penanggulangan kecacingan melalui penguatan program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan. Pendidikan gizi akan diberikan oleh guru kepada peserta didik dan peserta didik kepada temannya dalam bentuk permainan. Dalam rangka membekali peserta didikagar mampumemimpin permainan dan membantu pelaksanaan Program Sekolah/Madrasah Sehat secara umum, dilaksanakan pelatihan untuk siswa/i kelas 4 terpilih yang nantinya disebut sebagai Kapten Bergizi. Selain siswa, guru pendamping juga akan menerima pelatihan agar dapat membantu siswa dalam proses pelaksanaan pendidikan gizi berbasis permainan tersebut. Setelah mengikuti pelatihan, tugas Kapten Bergizi adalah memimpin temannya bermain Petualangan Bergizi dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembinaan kantin sehat, pemanfaatan pekarangan sekolah/madrasah, penjaringan kesehatan dan pemerikasaan berkala, pemberian obat cacing, dan kegiatan Sekolah/Madrasah Sehat terkait gizi lainnya.

Tujuan dilaksanakanya kegiatan ini  yaitu untuk pertama, meningkatkan kecukupan gizi dan keamanan pangan peserta didik melalui kudapan/jajanan yang dijual di kantin sekolah. Kedua, meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan gizi anak didik. Diharapkan dengan adanya evaluasi ini menambah semangat siswa, guru, orang tua, dewan sekolah, dan masyarakat dalam bergotong royong.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 31 Januari – Rabu, 1 Februari 2023, di Aula Universitas Bhamada Slawi. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah Peserta didik kelas 4 SD/MI sebanyak 4 (empat)siswa/idari setiap satuan pendidikan dan  Guru kelas 4 SD/MI yang telah mendapatkan pelatihan program gizi SD/MI dalam kerangka UKS/M yang diadakan oleh TP UKS/M Kabupaten Tegal pada 10-12 Januari 2023 sebanyak 2 (dua) guru dari setiap satuan pendidikan.

Kegiatan ini dirasakan bermanfaat karena dengan pelatihan ini peserta dapat memiliki pemahaman tentang makanan tambahan bagi anak sekolah, membuat berbagai variasi kudapan dari bahan pangan lokal baik dari segi penampilan, kemasan, hygiene maupun kandungan gizinya serta meningkatkan sosialisasi makanan bersumber pangan lokal pada anak-anak SD.