LPK Persada Putrayasa Melakukan Sosialisasi Program Internship ke Jepang di Universitas Bhamada Slawi

LPK Persada Putrayasa Melakukan Sosialisasi Program Internship ke Jepang di Universitas Bhamada Slawi

Jumat, 05 Januari 2024 – LPK PERSADA PUTRAYASA melakukan sosialisasi Program Intership ke Jepang bagi Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Keperawatan. Sosialisasi yang dilakukan pada tanggal 27 Desember 2023, bertempat di Aula Drs. Widodo lantai 2, gedung Rektorat Universitas Bhamada Slawi.

Secara umum internship adalah sebutan lain dari magang, Program ini diselenggarakan oleh sebuah lembaga dan perusahaan. Melalui program itu nantinya seseorang akan mendapatkan berbagai bimbingan dalam pekerjaan. Agar memperoleh  skillset ( kumpulan ketrampilan ) di dunia kerja.

Dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan berbagai kebijakan dalam mendukung sistem pendidikan Indonesia, salah satunya adalah Progam Kampus Merdeka.

Oversea Student Internship Program (OSIP) adalah salah satu program yang diadakan oleh Perusahaan Jepang ( Global Businesse Link – Japan ) untuk memfasilitasi mahasiswa-i aktif dari Universitas keperawatan di Indonesia untuk melakukan magang (internship) di perusahaan Jepang yaitu di berbagai Rumah sakit dan Pantai Jompo  di seluruh wilayah Jepang.

8 Manfaat Program Internship

  1. Memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang professional.
  2. Mendapatkan pengalaman kerja yang nyata. Pengalaman ini bisa dianggap sebagai ajang pemanasan sebelum benar menekuni kerja nyata. Banyak yang bisa dipelajari saat menjalani internship, mulai dari sistem kerja di perusahaan, etika dan praktek kerja secara langsung.
  3. Menemukan orang baru, kenalan baru dan relasi baru. saat magang menjadi manfaat selanjutnya sebisa mungkin untuk mencoba menjalin hubungan dengan relasi dengan orang baru yang dikenal ketika magang.
  4. Meningkatkan karier dan pengembangan potensi diri. Apabila beruntung dan mampu berteman dengan baik dengan para senior yang lebih kompeten, maka relasi ini bisa dijadikan sebagai batu lonjakan demi meraih kesuksesan di masa depan.
  5. Hidup dalam perbedaan. belajar menghadapi perbedaan saat melakukan Program Internship bisa jadi latihan yang baik untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.
  6. Kemampuan komunikasi kamu tentu akan meningkat karena kamu perlu berkoordinasi dengan oranglain secara langsung, hal ini akan bernilai positif ke semua aspek dalam hidup kamu.terutama kemampuan bahasa yang dimiliki ( Bahasa Jepang).
  7. Mampu mempraktekkan seluruh ilmu yang sebelumnya sudah dipelajari /dipraktekkan secara langsung. Memilih perusahaan untuk magang juga penting, karena harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan.
  8. Mendapatkan uang saku tambahan yang bisa diperoleh. Meski tidak semua peluang magang menawarkan gaji atau upah, tetapi penghasilan yang akan kamu dapatkan dari magang tentu bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih program magang dan tempat magang.

Peserta Program Intership dari GBL-Japan terjamin yaitu diberikan tempat tinggal, keamanan, kondisi lingkungan yang nyaman dan mendapatkan Honor akan diberikan  perbulan dari perusahaan selama di Jepang, Yaitu 896 Yen per-jam dengan kerja magang 8 jam perhari dengan jumlah hari kerja 5 hari kerja dalam seminggu.

Diharapkan dengan sosialisasi tersebut, banyak minat dan antusias mahasiswa untuk mengikuti program Intership tersebut, sebagai bekal masa depan.